JAKARTA: PT Astra International Tbk (Astra) melalui anak usahanya telah menyelesaikan
akuisisi PT Tokobagus, perusahaan iklan baris digital terkemuka di tanah air dengan merek
OLX. Dengan akuisisi ini Astra memiliki 100% saham OLX Classifieds melalui PT Astra
Digital Mobil sebesar 99,98% dan PT Astra Digital Internasional sebesar 0,02%.
Sebagai pionir platform iklan baris digital di Indonesia, OLX memiliki basis pengguna yang
luas dan ekuitas merek yang kuat, menjadikannya pilihan utama konsumen di Indonesia.
Akuisisi ini diharapkan akan melengkapi ekosistem digital Grup Astra yang sudah ada
dengan platform iklan baris digital dan mendorong inovasi, memenuhi kebutuhan dan
harapan pelanggan.
Hasil kajian Google, Temasek, Bain & Company (2022) menunjukkan bahwa nilai ekonomi
digital Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni
sebesar USD77 miliar, dan diperkirakan mampu mencapai USD130 miliar pada tahun 2025.
Selain itu, 40% pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara berada di Indonesia.
"Mengakselerasi transformasi digital merupakan salah satu langkah yang ditempuh Astra
untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan. Akuisisi ini diharapkan mampu memperkuat
ekosistem digital Grup Astra, menawarkan solusi menyeluruh bagi pelanggan serta semakin
mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia,” ujar Direktur Astra Gidion Hasan.
"Kami senang telah mencapai kesepakatan untuk menjual platform iklan baris digital OLX di
Indonesia kepada Astra. Kami telah berhasil membangun platform iklan baris digital OLX
menjadi salah satu platform terkemuka di Indonesia. Kami percaya bahwa kehadiran Astra
yang kuat dan pemahaman yang mendalam tentang pasar Indonesia menjadikan Astra
sangat cocok untuk mengelola dan meningkatkan pengalaman pengguna serta mendorong
pertumbuhan bisnis OLX. Kami yakin bahwa platform iklan baris digital OLX berada di
tangan yang tepat, dan Astra akan membawa iklan baris digital OLX ke tingkat yang lebih
tinggi,” ujar Chief Executive Officer OLX Grup Lydia Ventura Paterson.
Selain itu, sebagai bagian dari Grup Astra, OLX akan mulai dengan identitas barunya dan
hadir sebagai Trade-In Partner di GIIAS 2023 dengan berkolaborasi bersama Astra
Financial. Untuk menyambut antusiasme pengunjung GIIAS 2023, Astra yang mengusung
tema “Trade-in to The Future” menawarkan cashback hingga Rp6,6 juta* dengan penilaian
wajar berdasarkan kondisi kendaraan. Pengunjung GIIAS juga dapat menerima penawaran
harga dalam waktu 1 jam.
Sejalan dengan inisiatif pengembangan strategi bisnisnya, Grup Astra berkomitmen untuk
memberikan transisi yang mulus dan memastikan kelangsungan layanan bagi pengguna
platform iklan baris digital OLX. Sinergi antara bisnis iklan baris digital OLX dan ekosistem
digital Grup Astra siap mengantarkan era baru yang dapat memberikan seamless
experience, inovasi, dan memenuhi kebutuhan serta harapan pelanggan.Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Boy Kelana Soebroto
Head of Corporate Communications
PT Astra International Tbk
Telp. 021-508-43-888
Tentang Astra:
Astra adalah salah satu perusahaan publik terbesar di Indonesia, yang terdiri dari 272 anak perusahaan, ventura
bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh sekitar 200.000 karyawan. Model bisnis perusahaan yang
terdiversifikasi menciptakan sinergi dan peluang di seluruh sektor industri termasuk Otomotif, Jasa Keuangan,
Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, dan
Properti.
Astra mempunyai kerangka sustainability baru yang di dalamnya terdapat Astra 2030 Sustainability Aspirations
untuk memandu perjalanan transisi Grup Astra dalam menjadi perusahaan yang lebih sustainable pada tahun
2030 dan seterusnya. Astra berkeinginan untuk berkontribusi dalam memperkuat ketahanan perekonomian
Indonesia yang mendukung masyarakat yang inklusif dan sejahtera.
Astra memiliki rekam jejak kontribusi publik dan sosial yang baik melalui empat pilar, yang terdiri dari kesehatan,
pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan serta sembilan yayasan yang turut berkontribusi untuk pertumbuhan
ekonomi Indonesia sekaligus mendukung masyarakat yang inklusif dan sejahtera. Dilaksanakan pertama kali
pada tahun 2010, program Astra Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards, telah mengapresiasi
565 pemuda Indonesia dari masing-masing bidang, terdiri dari 87 penerima tingkat nasional dan 478 penerima
tingkat provinsi. Program SATU Indonesia Awards dikolaborasikan dengan berbagai kegiatan komunitas Astra
melalui 170 Kampung Berseri Astra dan 1.060 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.
Red SR
REPOTER IRWAN SANTHOSA
No comments:
Post a Comment