Kebakaran Bromo Meluas ke Kabupaten Malang dan Pasuruan. - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Kebakaran Bromo Meluas ke Kabupaten Malang dan Pasuruan.

Tuesday, September 12, 2023

Kebakaran Bromo Meluas hingga ke Pasuruan

Jawa Timur, WARTAGLOBAL.id - Kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terus meluas, menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang. Api kini telah menyebar ke wilayah Bukit Cemplang, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, serta kawasan Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan, menyatakan bahwa kecepatan penyebaran api ini disebabkan oleh embusan angin yang kuat. Tim gabungan terdiri dari ratusan personil dikerahkan untuk melakukan upaya pemadaman.

(00:42) Tim gabungan menggunakan metode pemadaman manual dengan menggunakan gebyok dan ranting pohon. Selain itu, pemadaman dilakukan melalui jalur udara dengan water bombing menggunakan helikopter Super Puma AS332C1 PK milik BP BPR RI. Sebelumnya, kebakaran di kawasan Bromo telah terjadi sejak Rabu, 6 September 2023, dan pertama kali terdeteksi di Blok Savana Lembah yang dikenal sebagai Bukit Teletubbies di Savana.

Tornado Api Muncul di Gunung Bromo, Kebakaran Akibat Flare Prewedding Meluas

Kebakaran ini diduga dipicu oleh penggunaan flare atau suar yang digunakan dalam sesi foto prewedding. Polres Probolinggo, Jawa, telah menetapkan status tersangka pada sang manajer wedding organizer dengan inisial "Awew." Wedding organizer tersebut, yang dikenal dengan inisial "A&W," kini terancam mendapat hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak 1,5 miliar rupiah. Kebakaran ini telah menimbulkan kerugian yang sangat besar dan berdampak luas bagi lingkungan serta kehidupan masyarakat sekitar.

Wr,G/*"

No comments:

Post a Comment