Kebakaran Lahan di Gunung Sumbing, Jawa Tengah: 61 Pendaki Dievakuasi dan Proses Pemadaman Berlanjut. - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Kebakaran Lahan di Gunung Sumbing, Jawa Tengah: 61 Pendaki Dievakuasi dan Proses Pemadaman Berlanjut.

Saturday, September 2, 2023

Sejumlah titik kebakaran di Gunung Sumbing terlihat dari Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (12/9/2018) sore.

Jawa Tengah, WARTAGLOBAL.id - Gunung Sumbing, salah satu ikon alam yang indah di Jawa Tengah, telah menjadi pusat perhatian sejak kebakaran lahan yang terjadi pada tanggal 1 September 2023. Meskipun sebagian besar api berhasil dipadamkan, upaya pemadaman masih terus berlanjut hingga hari Sabtu, 2 September 2023.


Kebakaran melibatkan dua area terpisah, yaitu Petak 29-1 dengan luas sekitar 221,5 hektar dan Petak 29-3 dengan luas sekitar 18,7 hektar. Mayoritas lahan yang terbakar adalah rumput alang-alang, dan tidak ada ancaman terhadap penduduk atau lahan pertanian di sekitar wilayah tersebut.


Kebakaran pada lereng Gunung Sumbing terlihat dari Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (2/9/2023) pagi.


Proses pemadaman dilakukan secara manual menggunakan alat tradisional gepyok karena lokasinya sulit dijangkau oleh kendaraan pemadam kebakaran konvensional. Kedua area kebakaran terletak di ketinggian antara 2.500 meter dan 2.900 meter di atas permukaan laut, sehingga membuat upaya pemadaman menjadi lebih rumit. Untuk membantu proses pemadaman, pihak berwenang telah meminta bantuan helikopter yang akan melakukan penyemprotan air dari udara.


Untuk menjaga keselamatan para pendaki, sebanyak 61 pendaki yang berada di Gunung Sumbing telah dievakuasi dengan selamat. Jalur pendakian menuju Gunung Sumbing juga telah ditutup sementara waktu untuk mencegah risiko kecelakaan dan memastikan keamanan publik.


Petani menuju ladang garapannya di Desa Banyumudal, Sapuran, Wonosobo, Jawa Tengah, yang lokasinya merupakan salah satu yang terdekat dengan lereng Gunung Sumbing yang terbakar, Sabtu (2/9/2023) pagi.


Masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Sumbing diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan bekerja sama dalam upaya pencegahan kebakaran lahan. Kebakaran lahan merupakan ancaman serius bagi ekosistem alam dan perlu adanya peran aktif dari seluruh masyarakat untuk mencegah kejadian serupa terulang di masa depan. Pihak berwenang akan terus berupaya untuk memadamkan sisa-sisa api dan memastikan Gunung Sumbing kembali aman bagi para pendaki dan lingkungan sekitarnya.

Wr.G/*

No comments:

Post a Comment