Menko PMK: Kemenag Usul Istilah Isa Almasih Diganti Jadi Yesus Kristus. - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Menko PMK: Kemenag Usul Istilah Isa Almasih Diganti Jadi Yesus Kristus.

Tuesday, September 12, 2023

Yesus / Isa al-masih Dua Perspektif Berbeda?

Jakarta, 12 September 2023 - Kementerian Agama Indonesia telah mengusulkan perubahan istilah dalam lingkup agama Islam yang memiliki kaitan dengan agama Kristen. Istilah "Isa Almasih" yang digunakan dalam Islam untuk merujuk kepada Yesus dalam agama Kristen akan diubah menjadi "Yesus Kristus."


Usulan ini disampaikan oleh Kementerian Agama dan telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dalam sebuah pengumuman resmi.


"Atas usulan dari Kementerian Agama terkait dengan istilah yaitu Isa Almasih, akan dirubah menjadi Yesus Kristus," demikian diumumkan dalam pernyataan resmi tersebut.


Usulan ini disampaikan oleh Kementerian Agama dan telah mendapatkan persetujuan dari
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK)


Pergantian nomenklatur ini dianggap sebagai upaya untuk memudahkan pemahaman dan komunikasi antara pemeluk agama Islam dan Kristen dalam lingkungan masyarakat yang beragam. Ini juga dapat membantu menghindari kebingungan dan kesalahpahaman yang mungkin muncul ketika berbicara tentang tokoh-tokoh agama dalam konteks berbeda.


Kementerian Agama akan menyusun usulan resmi dan merencanakan pelaksanaan perubahan istilah ini dengan mengikutsertakan aspek hukum dan regulasi yang berlaku. Perubahan ini akan memerlukan persetujuan dan pengesahan dari pihak yang berwenang, termasuk presiden, sehingga menjadi kebijakan resmi pemerintah.


Diharapkan bahwa perubahan ini akan membantu meningkatkan pemahaman antaragama dan mempromosikan toleransi serta kerukunan antarumat beragama di Indonesia. Selain itu, langkah ini juga mencerminkan semangat dialog antaragama yang dianut oleh negara yang memiliki beragam kepercayaan dan budaya seperti Indonesia.

Wr,G/*

No comments:

Post a Comment