BRI Terus Berkomitmen Majukan UMKM Melalui Program KUR dan BPUM - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

BRI Terus Berkomitmen Majukan UMKM Melalui Program KUR dan BPUM

Sunday, November 5, 2023
Pemberdayaan & Pendampingan BRI Sentuh 19.533 Klaster Usaha

Jakarta, WARTAGLOBAL.id - Pemberdayaan dan pendampingan berupa pembiayaan hingga pelatihan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah( UMKM) terus dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia( Persero) Tbk atau BRI. Salah satu program yang difokuskan oleh BRI adalah Kredit Usaha Rakyat( KUR) dan Bantuan Produktif Usaha Mikro( BPUM).

KUR BRI, Solusi Pembiayaan UMKM

KUR BRI merupakan program pembiayaan dari pemerintah yang bertujuan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya. BRI menjadi salah satu bank penyalur KUR terbesar di Indonesia dengan porsi penyaluran mencapai 60 dari total penyaluran KUR nasional.

Pada tahun 2023, BRI menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp190 triliun dengan sasaran 12,7 juta debitur. BRI juga memberikan berbagai kemudahan bagi UMKM untuk mengakses KUR, salah satunya melalui KUR Super Mikro yang dapat diakses tanpa agunan dengan plafon hingga Rp10 juta.

BPUM BRI, Dukungan Modal Kerja UMKM

BPUM BRI merupakan program bantuan modal kerja dari pemerintah yang diberikan kepada pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID- 19. Pada tahun 2023, BRI telah menyalurkan BPUM kepada 1,3 juta pelaku UMKM dengan total bantuan sebesar Rp 1,6 triliun.

Pendampingan UMKM BRI

Selain pembiayaan, BRI juga memberikan pendampingan kepada UMKM dalam berbagai bidang, mulai dari manajemen usaha, pemasaran, hingga permodalan. BRI memiliki program pendampingan yang disebut dengan BRIMM( BRI Micro Market). BRIMM merupakan program pendampingan UMKM yang dilakukan oleh BRI secara intensif melalui kunjungan langsung ke lokasi usaha UMKM.

Dampak Positif Program BRI untuk UMKM

Program- program BRI untuk UMKM telah memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Indonesia. Berdasarkan data dari BRI, penyaluran KUR dan BPUM BRI telah membantu meningkatkan omzet UMKM hingga 30. Selain itu, program pendampingan BRI juga telah membantu UMKM dalam meningkatkan kapasitas dan daya saingnya.

Ke depan, BRI akan terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia. BRI akan terus meningkatkan penyaluran KUR dan BPUM serta memberikan pendampingan yang lebih intensif kepada UMKM.

Redaksi/#

No comments:

Post a Comment