Kemendagri Berikan Penghargaan kepada 10 Kota Terinovatif di Innovative Government Award 2023. - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Kemendagri Berikan Penghargaan kepada 10 Kota Terinovatif di Innovative Government Award 2023.

Monday, December 18, 2023
Jakarta, WARTAGLOBAL.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) telah memberikan penghargaan kepada 10 kota terinovatif pada gelaran Innovative Government Award (IGA) 2023. Kota-kota yang meraih penghargaan tersebut antara lain Kota Mojokerto, Kota Mataram, Kota Bekasi, Kota Semarang, Kota Makassar, Kota Cimahi, Kota Palembang, Kota Sawahlunto, Kota Bandar Lampung, dan Kota Pariaman.

Kepala BSKDN, Yusharto Huntoyungo, menyampaikan selamat kepada seluruh daerah penerima penghargaan. Ia berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi daerah untuk terus menjaga iklim inovasi di wilayahnya masing-masing. Pernyataan ini disampaikan dalam laporannya pada gelaran IGA 2023 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jakarta, pada Selasa (12/12/2023).

Menurut Yusharto, penilaian terhadap setiap daerah yang menerima penghargaan dilakukan secara objektif oleh tim penilai lintas kementerian/lembaga (K/L), perguruan tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan media massa. Tim penilai berasal dari institusi ternama seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Kemitraan Partnership, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta tim lainnya. "Unsur-unsur tersebut dapat memastikan hasil penilaian yang lebih objektif," ungkapnya.

Sementara itu, BSKDN juga telah berupaya mengoptimalkan fasilitasi inovasi daerah dengan mengembangkan Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah). Puja Indah merupakan platform layanan digital yang bertujuan meningkatkan pelayanan publik bagi daerah yang memiliki keterbatasan sumber daya. Upaya lain yang dilakukan adalah melalui layanan Tuxedovation dan melibatkan stakeholder yang lebih luas dalam mengawal inovasi daerah.

Yusharto menjelaskan bahwa semua bentuk pengembangan tersebut mencerminkan komitmen Kemendagri dalam memfasilitasi, menstimulasi, dan mendiseminasikan praktik-praktik inovasi daerah yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto berharap pengembangan yang dilakukan oleh BSKDN dapat membantu daerah untuk lebih termotivasi meningkatkan inovasi di berbagai bidang. Ia juga mengingatkan agar setiap inovasi yang dihasilkan memiliki manfaat berkelanjutan bagi masyarakat. "Mari kita bersama-sama meningkatkan inovasi demi kebaikan bersama, terutama untuk peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat," tandasnya.

Fais/*

No comments:

Post a Comment