Mendagri Mendorong Pemda Papua Percepat Realisasi APBD untuk Hidupkan Sektor Swasta. - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Mendagri Mendorong Pemda Papua Percepat Realisasi APBD untuk Hidupkan Sektor Swasta.

Sunday, December 17, 2023

 

Sorong, WARTAGLOBAL.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah (Pemda) di seluruh Tanah Papua untuk mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menjelang akhir Tahun Anggaran 2023. Mendagri menekankan pentingnya peningkatan realisasi APBD sebagai kunci untuk meningkatkan jumlah uang yang beredar di masyarakat, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan menghidupkan sektor swasta.

Pernyataan ini disampaikan Mendagri saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Akhir Tahun 2023 Pembangunan Papua di Gedung Wali Kota Sorong, Papua Barat Daya, pada Sabtu (16/12/2023). Tito Karnavian menyoroti bahwa realisasi belanja APBD memiliki dampak positif dalam memicu investasi swasta, baik dari pihak asing, nasional, maupun lokal.

"Investasi sektor swasta harus dihidupkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Papua tidak akan maju hanya mengandalkan transfer pusat. Kita perlu men-trigger investasi swasta dengan mempercepat realisasi APBD," tegas Mendagri.

Mendagri juga memberikan dorongan kepada Pemda untuk berinovasi dan mempermudah perizinan sebagai langkah untuk menghidupkan iklim investasi. Bahkan, ia mengusulkan agar Pemda dapat mempertimbangkan menunda penarikan pajak retribusi jika diperlukan.

"Tolong kita ini jadi contoh. Jika ada yang mau investasi, buka karpet merah, bahkan bila perlu jangan tarik pajak (retribusi) dulu. Bantu mereka agar bisa berjalan," ujar Mendagri dengan tegas.

Mendagri menekankan bahwa investasi sektor swasta dapat memperkuat kondisi fiskal daerah, mengurangi ketergantungan pada dana transfer pemerintah pusat, dan mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan.

"Kepala daerah harus memprioritaskan kesejahteraan masyarakat. Jika kita tidak memberdayakan sektor swasta, dan terus mengandalkan transfer pusat, daerah tidak akan berkembang, dan ini akan menyusahkan perekonomian masyarakat," paparnya.

Mendagri menegaskan bahwa perubahan mindset dan kebijakan yang mendukung investasi swasta akan membawa dampak positif pada pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Fais/*

No comments:

Post a Comment