Ketua Penasehat GN Aura DPW Sumbar, Dr. M. Sayuti, M.Pd, Awali Tahun Baru 2024 dengan Pelatihan UMKM pada 1 Januari. - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Ketua Penasehat GN Aura DPW Sumbar, Dr. M. Sayuti, M.Pd, Awali Tahun Baru 2024 dengan Pelatihan UMKM pada 1 Januari.

Tuesday, January 2, 2024


Sumatra barat | WartaGlobal.id | Dharmasraya, Mengawali Tahun Baru 1 Januari 2024 Sosok Ketua Penasehat GN AURA DPW Sumbar Dr M Sayuti Dt Rajo Pangulu,M.Pd bersama masyarakat Pelaku UMKM Dharmasraya dengan mengadakan pelatihan Pembuatan Deterjen Cair berbahan Nabati turunan minyak Kelapa Sawit, tepatnya di Nagari Dipangku Kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya, 1 Januari 2024.

Program Pelatihan UMKM ini terlaksana berkat kolaborasi Gerakan Nasional Angkatan Ulama dan Rakyat (GN AURA), Pusat Kajian Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah Hukum Adat Minangkabau (PUJIAN ABSSBK HAM), dan Barisan Dubalang Paga Nagari di Provinsi Sumatera Barat.

Saat Pelatihan berlangsung Ketua Penasehat GN AURA DPW Sumbar Dr M Sayuti.M.Pd langsung sebagai instruktur Pelatih, ia menjelaskan seputar bahan bahan Pembuat Deterjen, Alat yang digunakan, Tahapan yang harus dilakukan dan manfaat dari hasil Pelatihan. Pada tanggal 31 Desember 2023 Pelatihan yang sama dihadiri lebih dari 200 orang, sedangkan pada Pelatihan yang kedua ini, 1 Januari 2024 dihadiri oleh 80 orang peserta.

Bahan Pembuat Deterjen terdiri dari : Biang Deterjen (MES=Methyl Ester Sulonat), Garam Dapur (NaCl), Aroma/Pewangi, dan Penambah Busa. Sedangkan peralatan yang diperlukan : Kompor, Panci ukuran 5 liter, sarung tangan, pengaduk, dan botol plastik.

Adapun manfaat Pelatihan Deterjen ini : mendapat ilmu dan pengalaman yang bermanfaat, bisa digunakan sebagai peluang bisnis Home Industri, UMKM, & Koperasi. Hasilnya pun dibagikan secara Gratis pada setiap yang hadir. Peserta dapat memanfaatkan Deterjen tersebut untuk : mencuci pakaian, mencuci Piring, Lantai, Kamar Mandi, Motor, Mobil, dan Perabot Rumah. Karena bahannya dari Herbal, maka Deterjen ini Ramah Lungkungan dan mudah terurai, tidak beracun, dan tidak merusak kulit, Ujar Dr M Sayuti dengan semangat saat menjelaskan pada peserta Pelatihan.

Para peserta Pelatihan tampak gembira dan sangat senang, karena mereka dapat Mengikuti Pelatihan secara Gratis melalui GN AURA. Salah satu peserta Pelatihan Tania, berkomentar sangat mendukung Program ini, karena dapat langsung diterima manfaatnya oleh masyarakat.

Staf Khusus GN AURA Korwil Sumatera Bundo Yusneti sangat mendukung Program yang dilaksanakan oleh Dr M Sayuti,M.Pd karena Program ini dapat mengangkat perekonomian Keluarga dan Masyarakat di Ranah Minang. Kami melalui Perkumpulan Suku Jambak Sedunia (SKSD) juga telah melakukan hal sama diantaranya : Daerah Pasaman, Pasaman Barat, Kota Medan, Kota Padang, Kota Dumai, Kota Solok, dan Daerah lainnya.

GN AURA Korwil Sumatera, sekaligus Ketua II DPP GN AURA Dr H Misri Hasanto,M.Kes menyambut baik program Pelatihan ini dan berharap bisa dikembangkan pada tiap tiap Nagari di Sumatera Barat, sambil membentuk DPC GN AURA di tiap tiap Kecamatan se-Proprinsi Sumatera Barat.
(Red)

No comments:

Post a Comment