Dana Desa Yang Telah Digunakan Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi Tampa Ada Papan Informasi - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Dana Desa Yang Telah Digunakan Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi Tampa Ada Papan Informasi

Monday, March 25, 2024


Bone | wartaglobal.id | sul sel Sesuai dengan undang-undang penggunaan dana desa (Dd) harus diinformasikan secara terbuka kepada Publik. Namun, masih dijumpai desa yang tidak mematuhi dan melaksanakan ketentuan itu, tidak menginformasikan keterbukaan soal penggunaanya.

Salah satunya terkait pembangunan perintisan perkerasan jalan tani ulo dusun latonrong.
Perintisan jalan tani dan perkerasan dusun bulo
Perkerasan jalan dusun talumae di Desa mattirowalie Kecamatan libureng Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, yang tidak jelas berapa anggarannya dan sumber anggaran, sehingga masyarakat tidak bisa mengawasi.

Terpantau awak media di lokasi proyek jalan tani dan beberapa titik. didesa didesa mattirowalie tidak ditemukan papan proyek informasi dan diduganya , proyek siluman.

Papan informasi Proyek itu bertujuan agar pelaksanaan kegiatan, setiap Proyek dapat berjalan dengan transparan ke publik.

Proyek perintisan jalan tani tersebut, diduga tidak sesuai spesifikasi.atau diduganya proyek siluman.

Faktanya proyek ini pekerjaan tidak dilengkapi dengan papan informasi, layaknya sebuah proyek yang mencantumkan jenis pekerjaan, sumber dana desa dikerjakan oleh desa apa, serta kapan selesainya proyek tersebut, tidak terlihat papan informasi.

Padahal papan informasi merupakan penjabaran keterbukaan dari pekerjaan yang dilaksanakan Pemerintah desa, selain itu, peran masyarakat juga harus dilibatkan, turut pengawasan pelaksanaan pembangunan.

Salah satu warga desa mattirowalie inisial mr. saat ada di lokasi proyek ditanya awak media mengenai proyek perintisan jalan tani. dirinya menjawab, kita lihat sendiri.
pembangunannya, timbunannya tidak ada penahan dan kalau hujan akan mengalir timbunannya.

Menurut MR, kami juga tidak berani mengatakannya karena kami masyarakatnya mau mengadu tapi takut dan apa lagi bangunannya ditahun 2023 selesai dikerjakannya, ungkapnya ke awak media global

Terpisah saat konfirmasi,  kepala desa bernama Andi Swandy mengatakan, pernah ada papan proyeknya tidak tau siapa yang mengambilnya. Kalau papan prasastinya tidak nanti kami pasang.

Pantauan awak media di desa mattirowlie,kecamatan libureng kabupaten Bone. Sulawesi Selatan. beberapa proyek dana desa tidak ditemukan adanya papan prasasti, diduganya proyek siluman.

Awak media soroti kepala desa mattirowalie bernama Andi Swandy yang telah menggunakan dana desa dibeberapa titik pembangunannya, tidak ditemukan papan proyek dan diduganya. proyek siluman akan mengarah kerugian negara.

Ditegaskannya inspektorak bone mengaudik anggaran dana desa yang telah digunakannya. oleh, kepala desa mattirowalie dari mulainya menjabak ditahun 2023.
Kepala desa sampai sekarang.

Ditegaskan ke aph/aparat penegak hukum. di Kejati memanggilnya kepala desa mattirowalie untuk diambil keterangannya diproses hukum yang berlaku yang diduganya korupsi. kepala desa mattirowalie yang bernama(Andi swandy)



Tim global sulsel

No comments:

Post a Comment