JOB FAIR POLTEKKES KEMENKES DENPASAR MEMBENTUK BALI OVERSEAS NURSING CENTRE UNTUK PENYIAPAN TENAGA PERAWAT KE LUAR NEGERI . - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

JOB FAIR POLTEKKES KEMENKES DENPASAR MEMBENTUK BALI OVERSEAS NURSING CENTRE UNTUK PENYIAPAN TENAGA PERAWAT KE LUAR NEGERI .

Sunday, August 11, 2024

Sebuah Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam mempermudah lulusan mendapatkan pekerjaan ke Luar Negeri


Dituliskan oleh : . Dr. I Wayan Suardana,M.Kep, Dr. Nyoman Ribek, S.Kep, Ns, M.PdI Made Mertha,S.Kp.M.Kep  dan I Made Sukarja,S.Kep.Ns.M.Kep.



Dalam rangka menjawab tantangan terhadap penyiapan lulusan perawat bekerja ke luar negeri, Poltekkes Denpasar Jurusan Keperawatan pada tanggal 9 Agustus 2024 meluncurkan Program yang diberi nama Bali Overseas Nursing Centre (BONC).  Pendirian BONC yang digagas oleh Dr. I Wayan Suardana,M.Kep didukung penuh oleh Ketua Jurusan Keperawatan, Direktorat Poltekkes Kemenkes Denpasar, dan Ketua Ikatan Alumni Jurusan Keperawatan Poltekkes Denpasar. Program ini disusun untuk menjawab tantangan tingginya permintaan tenaga perawat keluar negeri, namun dilain pihak minat lulusan perawat masih sangat minim. Menurut Dr. Wayan Suardana, penyusunan program ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem agar semua komponen yang berkontribusi dalam rekruitmen. penyiapan, penyaluran dan pengawasan dapat saling bersinergi sehingga lulusan perawat memiliki minat dan kemampuan yang optimal untuk bisa dipekerjakan di pasar kerja kesehatan internasional.

 

Menurut Ketua Ikatan Alumni Jurusan Keperawatan Poltekkes Denpasar I Made Mertha,S.Kp.M.Kep, peluncuran program ini sangat tepat sebagai upaya merubah paradigma lulusan terkait mendapatkan peluang kerja. Saat ini peluang kerja perawat di luar negeri sangat besar. Ada lebih 1 juta kesempatan kerja di Jepang, Eropa, Kanada maupun Australia. Dengan keunggulan dalam pelayanan dan budaya caring yang dimiliki, maka harapan lulusan perawat Poltekkes Denpasar untuk bisa diterima di pasar kerja internasional sangat tinggi. 


Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Keperawatan I Made Sukarja,S.Kep.Ns.M.Kep, menyampaikan bahwasanya sampai saat ini lulusan Jurusan Keperawatan Poltekkes Denpasar yang telah bekerja keluar negeri sudah cukup banyak. Dimana serapan terbanyak dilakukan  oleh pasar kerja Jepang dan disusul oleh Jerman serta Australia. 


Sementara itu Direktur Poltekkes Denpasar yang diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Gusti Ayu  Marhaeni, SKM.,M.Biomed, menyampaikan bahwasanya saat ini Kemenkes R.I mendorong semua Poltekkes dibawah Kementerian Kesehatan agar lulusannya dapat merebut pasar kerja di luar negeri. Upaya ini dilakukan dengan berbagai upaya, antara lain dengan membuka kelas Internasional khusus untuk Jurusan Keperawatan. Adanya program BONC di Jurusan Keperawatan diharapkan dapat menjadi embrio yang mampu mendukung upaya peningkatan kompetensi dan kesiapan lulusan dalam merebut pasar kerja di luar negeri. Kegiatan peluncuran BONC dikaitkan dengan job fair keperawatan. Job fair yang diikuti oleh 11 stake holder antara lain RS Kasih Ibu, RS Bali Med, RS BIMC, RSUP Prof Ngoerah, RS Yokokura Jepang, Klinik Ubud Care, Klinik Unicare, Klinik Nusa Medika, serta lembaga penyaluran tenaga keluarga negeri antara lain BP2MI, Bali Javanic dan LPJ Bali. 


Peluncuran BONC ini diharapkan dapat menguatkan sinergi antara pendidikan, Organisasi Profesi, BP2MI, Pengguna, Mahasiswa, Alumni dan Wahana Pratik dalam mendukung penciptaan ekosistem lulusan perawat jurusan keperawatan secara khusus dan  Bali secara umum yang siap dan mampu merebut pasar kerja global. 


No comments:

Post a Comment