PENDIDIKAN KESEHATAN BIOMASSAGE DAPAT MENURUNKAN HIPERTENSI DI DESA DAUH PURI KELOD - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

PENDIDIKAN KESEHATAN BIOMASSAGE DAPAT MENURUNKAN HIPERTENSI DI DESA DAUH PURI KELOD

Wednesday, August 7, 2024

DISELENGGARAKAN DALAM KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLTEKKES KEMENKES DENPASARB TAHUN 2024

Ditulis oleh : 

Ketut Labir, S.Kep, Ns, M.Kes, Dr. Nyoman Ribek, S.Pd,S.Kep,Ns, M.Pd dan  Dr. Drs, I  Dewa Made Ruspawan, S.Kp, M.Biomed


Sumber : Foto kegiatan pengabdian Masyarakat di setiap Banjar Desa Dauh Puri Kelod.


Politeknik Kesehatan  Kemenkes Denpasar merupakan Perguruan Tinggi Negeri milik  Kementerian Kesehatan memiliki tiga fungsi yang dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari Pendidikan/ Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada  Masyaraakat.  Dalam fungsinya sebagai pengabdian Kepada Masyarakat  Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan telah melaksanakan pelatihan kepada kader Posbindu  pada tanggal 6 Juni 2024 dan melaksanakan pelayanan Kesehatan  Biomassage kepada Masyarakat yang mengalami penyakit tidak menular khususnya hipertensi di beberapa banjar dilingkungan Desa Dauh Puri Kelod. Desa dauh Puri Kelod yang memiliki jumlah penduduk 22.835 orang  merupakan salah satu desa yang ada dari 27 desa di kota Denpasar, karena disamping desa di kota Denpasar ada 16 kelurahan dari 4 kecamatan di kota Denpasar.


Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan pendampingan kepada Kader Posbindu dalam rangka mencegah dan menurunkan kejadian penyakit menular khususnya hipertensi. Kegiatan yang diawali dengan pelatihan dimaksudkan agar kader Posbindu mengenal lebih awal tanda hipertensi dan bisa memberi edukasi pada warganya cara pencegahan dan menangani dengan cara sederhana melalui pemijatan pada daerah tubuh yang dianggap kaku menyebabkan peredaraan darah tidak lancar. 


Masalah hipertensi yang menjadi salah satu penyakit tidak menular yang saat ini menjadi prioritas dalam dunia Kesehatan. merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang ≥140 mmHg (sistolik) dan/atau ≥ 90 mmHg dan menjadi faktor risiko utama penyakit kardiovaskuler lainnya oleh karena itu pencegahan sangat dibutuhkan.



Tema kegiatan Kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan  kepada kader bermaksud  menambah pengetahuan kader Posbindub isa mengenal dan  mengedukasi warga tentang hipertensi, begitu juga pelayanan yang diberikan pada warga Masyarakat bermaksud mnemberikan contoh sederhana  yang dapat dilakukan sehingga terjadi pemberdayaan pada Masyarakat dalam mencegah penyakit tidak menular khususnya hipertensi.


Dalam kegiatan pelatihan pada kader Posbindu acara di buka dan didampingi oleh Bapak kepala Desa Dauh Puri Kelod : Bapak Nengah Suarta  Bersama  bidang  Kasie Kesra Desa Bapak AA Gede Putu Wisnawa. Dalam Acara tersebut dilakukan juga serah terima alat kayu pijat dan minyak pijat dan dalam sambutannya menyambut  baik kegiatan pelatihan Biomassage  dan para kader Posbindu diharapkan bisa menyimak dan mengamalkan pengetahuannya di Masyarakat. 


Hasil sosialisasi dan kegiatan di Masyarakat dilakukan sesuai jadwal yang dilakukan masing banjar yang telah dikoordinasi oleh Kasie Kesra Desa, dengan demikian pelaksanaan kegiatan  menjadi lebih efektip.



Dalam pelaksanaan kegiatan Masyarakat nampak sangat antusias memperoleh pertolongan untuk menurunkan gejala dan keluhan penyakit tidak  menular, disamping hipertensi Nampak juga kencing manis, lutut sakit tidak bisa bertimpuh dan tangan susah diangkat. 

Adapun antusias kedatangan mmasyarakat akan pelayanan biomassage terlihat pada kegiatan dibawah ini


No comments:

Post a Comment