Tingkatkan Responsivitas Daerah,BSKDN dan YNS Targetkan Perluasan Review Program - Warta Global Nasional

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Tingkatkan Responsivitas Daerah,BSKDN dan YNS Targetkan Perluasan Review Program

Friday, August 30, 2024

WARTAGLOBAL.id,Jakarta– Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Yayasan Nusantara Sejati (YNS) semakin memperkuat kerja sama untuk memperluas cakupan Review Program di berbagai daerah di Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kebijakan pemerintah daerah melalui evaluasi yang melibatkan partisipasi masyarakat.

Kepala BSKDN, Yusharto Huntoyungo, menyatakan pentingnya kerja sama ini sebagai langkah strategis untuk mendorong pemerintah daerah agar lebih responsif terhadap dinamika sosial, ekonomi, dan budaya yang berkembang. “Ini menjadi bagian dari komitmen bersama untuk berbagi informasi mengenai Review Program. Target kami ke depan adalah melibatkan lebih banyak daerah dalam program ini,” ujar Yusharto dalam Rapat Kerja Sama dengan YNS yang digelar melalui video konferensi di Kantor BSKDN, Jakarta, pada Selasa (27/8/2024).

Yusharto menambahkan bahwa pemerintah daerah perlu memahami pentingnya penerapan Review Program untuk menunjang kebijakan publik yang relevan dengan kondisi masyarakat. “Program ini dapat membantu pertumbuhan daerah secara signifikan dan mendukung pembangunan berkelanjutan,” lanjutnya.

Yusharto mengungkapkan, Review Program telah berhasil diterapkan di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Bantul, Kabupaten Sinjai, dan Kota Surabaya, dengan hasil yang positif. Ke depannya, BSKDN bersama YNS berencana untuk memperluas cakupan Review Program ke daerah-daerah yang belum tersentuh oleh evaluasi kebijakan publik yang mendalam.

Sementara itu, perwakilan dari YNS, Eka Toba Putra Simanjuntak, menyebutkan bahwa implementasi Review Program di Indonesia merupakan proyek kerja sama dengan Koso Nippon dan telah diujicobakan di beberapa daerah. “Kami melihat banyak manfaat dari Review Program ini bagi pemerintah daerah, terutama untuk menghasilkan kebijakan yang inovatif dan solutif,” ungkap Eka.

Melalui perluasan cakupan Review Program, BSKDN dan YNS berharap dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi pembangunan daerah yang berkelanjutan di seluruh Indonesia.[AZ]

Editor:Bahri

No comments:

Post a Comment