Kun Wardana Cawagub Propinsi Jakarta, Berjanji Akan Membuat Aplikasi dan Pemasangan Wifi Di Setiap Rumah Warga Jakarta - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Kun Wardana Cawagub Propinsi Jakarta, Berjanji Akan Membuat Aplikasi dan Pemasangan Wifi Di Setiap Rumah Warga Jakarta

Thursday, October 24, 2024

JAKARTA,WARTAGLOBAL.ID | Calon Wakil Gubernur Provinsi Jakarta, Kun Wardana, berjanji akan membuat aplikasi keamanan yang di dalamnya terdapat tombol panik atau panic button. Katanya, aplikasi itu akan menghubungkan antara warga dengan keamanan atau RT dan RW setempat.

Aplikasi ini, kata Kun, berkaitan dengan program yang akan memasang internet di seluruh rumah warga Jakarta. Sehingga, akan mempermudah para masyarakat untuk mendapatkan pertolongan.

"Jadi kalau panic button itu keamanan. Kalau internet sudah ada di rumah maka kita bisa menerapkan yang namanya smart home," kata Kun kepada wartawan di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2024).

Kun mengatakan, tombol ini bisa digunakan saat warga mengalami kemalingan, kebakaran, atau dalam keadaan di mana masyarakat terganggu keamanannya.
"Misalnya di rumah ada maling cukup tekan panic button atau mungkin melalui aplikasi itu terhubung sehingga mulai dari war room dan command and control room-nya," ujarnya.

Nantinya, petugas keamanan atau RT dan RW setempat bisa langsung datang ke rumah warga tersebut dan memberikan bantuan.

"Dia bisa menginstruksikan kepada satpam-satpam atau petugas keamanan di RT RW setempat atau kelurahan setempat untuk segera datang untuk bisa melakukan langkah-langkah evakuasi atau mitigasi untuk menghindari resiko keamanan tadi," pungkasnya.

Selain itu, dia juga menyebut, aplikasi ini merupakan pengembangan aplikasi Jakarta Kini (JAKI), yang dibuat pada jaman mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan.

"Jadi yang JAKI yang ada saat ini sudah bagus, kita akan sempurnakan, kita akan tambah lagi aplikasi-aplikasi mulai dari aplikasi kesehatan, aplikasi keamanan, aplikasi commerce yang tadi untuk meningkatkan UMKM, aplikasi logistik, keuangan," tuturnya.

Kun juga akan mendigitalisasi semua sistem di Jakarta, termasuk sistem birokrasi. Nantinya, akan ada transparansi soal pemetaan aset di Jakarta.

"Apalagi, nanti semuanya kita akan digitalkan. Jadi birokrasi, misalnya pemetaan aset-aset tanah yang ada, nanti semua bisa transparan. Jadi warga Jakarta bisa melihat secara langsung semua penggunaan-penggunaan, apakah ini benar-benar sesuai dengan peruntukannya," ucapnya.

Diketahui, hari ini, Kun menghadiri acara sosialisasi visi dan misi para calon gubernur dan wakil gubernur yang digelar oleh Forum Masyarakat Indonesia Emas (Formas) di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Saat menyampaikan visi dan misinya, Kun menambahkan, akan membawa lima program yaitu, warung independen, berita independen, rumah independen, blusukan independen, dan akademi independen.
Report: supriyadi

No comments:

Post a Comment