Sumut Optimis Lampaui Target di Peparnas 2024 - Warta Global Indonesia

Mobile Menu

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Top Ads

Klik

More News

logoblog

Sumut Optimis Lampaui Target di Peparnas 2024

Monday, October 7, 2024

WARTAGLOBAL.id , Solo,- Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Agus Fatoni, optimis bahwa kontingen Sumut mampu melampaui target dalam ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024. Fatoni melihat performa mengejutkan Sumut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang baru saja selesai sebagai modal kuat untuk mencapai hasil yang lebih baik di Peparnas kali ini.

Kontingen Sumut yang terdiri dari 99 atlet, 34 pelatih, 30 ofisial, dan satu Ketua Kontingen, mengirim total 164 orang, meningkat signifikan dari 110 kontingen di Peparnas sebelumnya. "Dengan jumlah kontingen yang lebih besar, kita lebih optimis bisa mencapai target lebih tinggi. Apalagi, baru saja di PON kita berhasil finis di posisi keempat, naik dari posisi ke-13 di PON sebelumnya," ujar Fatoni usai pembukaan Peparnas di Stadion Manahan, Solo, Minggu (6/10/2024).

Fatoni juga menekankan bahwa Peparnas menjadi ajang penting dalam upaya penyetaraan hak bagi penyandang disabilitas untuk berprestasi di kancah nasional. "Kami berharap atlet-atlet Sumut bisa memaksimalkan kesempatan ini dan berjuang dengan sportif. Pemerintah Indonesia terus berkomitmen memberi kesempatan yang sama bagi atlet disabilitas untuk mengharumkan nama bangsa," tambahnya.


Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang hadir dalam pembukaan, mengingatkan seluruh kontingen untuk bertanding dengan semangat persaudaraan dan sportivitas tinggi. "Bertandinglah dengan semangat persaudaraan sesuai tema Peparnas 'Bedo Nanging Digdoyo', yang artinya berbeda-beda tapi tetap tangguh," pesan Jokowi di hadapan ribuan atlet.

Presiden juga mengapresiasi semangat juang para atlet disabilitas Indonesia yang telah berhasil menorehkan prestasi di tingkat internasional, termasuk meraih gelar juara umum di ASEAN Paragames selama tiga tahun berturut-turut. "Kita patut bangga dengan pencapaian para atlet disabilitas Indonesia. Keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk berprestasi," tambah Presiden Jokowi.

Event empat tahunan Peparnas kali ini diikuti oleh 35 provinsi, dengan mempertandingkan 20 cabang olahraga dan 680 nomor pertandingan. Menpora Dito Ariotedjo dalam laporannya menyebutkan bahwa 4.625 atlet disabilitas akan berlaga di Solo. Menurutnya, ini adalah bukti nyata bahwa olahraga milik semua kalangan, termasuk penyandang disabilitas.

Ketua Rombongan Kontingen Sumut, Effendi Pohan, menyatakan antusiasme tinggi untuk mendukung para atlet yang berjuang di Peparnas. "Kami hadir di sini bersama Pj Gubernur untuk memberikan semangat dan memastikan kontingen Sumut bertanding dengan sportif dan membawa pulang prestasi terbaik," ujar Effendi yang juga menjabat sebagai Plt Kadispora Sumut.

Sebagai informasi, Sumut menjadi kontingen pertama yang tiba di Solo pada 1 Oktober 2024, mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali. Kontingen ini telah siap bersaing dengan ribuan atlet disabilitas lainnya dalam perhelatan olahraga nasional terbesar bagi penyandang disabilitas tersebut. [AZ/RZ]


No comments:

Post a Comment